1. Berfokus pada pelayanan, bukan penjualan saja
Sebuah pelayanan yang berkualitas ke konsumen merupakan salah satu
prinsip penting yang harus diketahui. Mengapa pelayanan penting? Hal ini
dikarenakan konsumen akan datang kembali jika konsumen tersebut merasa
puas atas layanan yang sudah diberikan penjual. Ketika konsumen datang
kembali maka konsumen tersebut adalah konsumen yang setia dan tentu saja
akan meningkatkan penjualan dalam jangka panjang.
2. Jelaskan manfaatnya bukan fiturnya saja
Fitur memberitahukan kepada pelanggan penawaran Anda sedangkan manfaat
memberitahukan pelanggan mengapa mereka seharusnya membeli. Konsep ini
sangat penting diketahui oleh pengusaha, karena konsumen akan membeli
produk kita atas dasar manfaat apa yang nantinya akan dberikan oleh si
penjual.
3. Lakukan promosi
Promosi merupakan strategi penting untuk mengenalkan suatu produk ke
konsumen. Mustahil konsumen tahu produk kita jika kita tidak melakukan
promosi. Kita bisa melakukan strategi promosi melalui media online atau
media offline. Dalam menerapkan strategi promosi kita harus
menjalankannya dengan konsisten, terencana dan dimonitor saat
dijalankan. Memonitor proses promosi sangat penting dilakukan agar
tujuan dari promosi dapat tercapai dengan baik.
4. Buatlah target penjualan
Langkah selanjutnya untuk mendongkrak kinerja bisnis adalah menetapkan
target penjualan. Target penjualan merupakan acuan penting bagi
pengusaha untuk memantau perkembangan kinerja kesuksesan bisnis dalam
suatu periode tertentu. Target penjualan ini akan menjadi motivasi bagi
kita untuk mengejar target serta menerapkan strategi-strategi agar
target penjualan tercapai.
5. Ciptakan Kepuasan Pelanggan
Konsumen akan datang kembali jika konsumen tersebut puas. Kepuasan
pelanggan merupakan salah satu tujuan penting ketika kita menjalankan
suatu bisnis. Kepuasan konsumen akan sangat ditentukan oleh kualitas
layanan dan kualitas produk kita. Harapan dari terbentuknya kepuasan
pelanggan tidak hanya meningkatkan penjualan, melainkan juga nantinya
diharapkan para konsumen merekomendasikan produk kita ke orang lain.
6. Jalankan Strategi CRM
CRM atau customer relationship management merupakan strategi yang sering
dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk menjalin hubungan
dengan calon konsumen maupun pelanggan. Tidak hanya perusahaan besar,
UKM atau entrepreneur pun bisa menerapkan strategi ini. Hal penting
sebelum membangun hubungan dengan pelanggan adalah kita harus memiliki
database kontak konsumen dan pelanggan kita. Cara praktis yang bisa
diterapkan UKM yaitu setiap ada pelanggan yang membeli produk kita,
usahakan agar kita bisa memperoleh kontaknya misal no handphone ataupun
email. Dengan database konsumen ini kita bisa menjalin hubungan jangka
panjang dan diharapkan terjadi penjualan produk kita.
sumber : http://arasyalimudin.blogspot.com/2010/07/orientasikan-bisnis-anda-pada-kepuasan.html?m=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar